Pengertian Metode Problem Solving
Belajar pemecahan masalah pada dasarnya adalah belajar menggunakan metode-metode ilmiah atau berpikir secara sisitimatis, logis, tratur, dan teliti. Tujuannya ialah untuk tujuan ialah untuk memperoleh kecakapan kognitif untuk memecahkan masalah secara rasional, lugas dan tuntas.
Dilihat dari aspek filosofis tentang fungsi sekolah sebagai arena atau wadah untuk mempersiapkan anak didik agar dapat hidup di masyarakat, maka Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) merupakan stategi yang memungkinkan dan sangat penting untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan pada kenyataannya setiap manusia akan selalu dihadapkan kepada masalah, dari masalah yang sederhana sampai masalah yang kompleks. SPBM inilah diharapkan dapat memberikan latihan dan kemampuan individu untuk dapat menyelesaikan masalh yang dihadapi (Sanjaya, 2010: 214).
Problem solving secara denotatif adalah pemecahan masalah. Sebagai sebuah metode pembelajaran, probelem solving adalah sebuah cara membelajarakan sisea yang di fokuskan pada suatu masalah (problem) atau isu untuk di analisis dan di pecahkan sehingga di peroleh suatu kesimpulan (Darmawan dan Supriadi, 2012:150).
Menurut Hamdani (2010: 84) metode pemecahan masalah adalah “suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajran”. Metode pemecahan masalah (problem solving) merupakan metode dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.

DOWNLOAD    disini                   Alternatif




0 Comments:

Post a Comment